Kunjungan SMP Bhakti Ke Musem Mpu Purwa

Pada hari Selasa tanggal 26 Oktober 2021, SMP Bhakti Malang mendapatkan undangan dari Museum Mpu Purwa Malang. Kunjungan ke Museum Mpu Purwa diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Malang khususnya Diknas Pendidikan. Acara tersebut bertema Museum di Hatiku. 

SMP Bhakti Malang bersama beberapa SMP lain di Kota Malang melakukan kunjungan di Museum Mpu Purwa dari halaman, dan di dalam gedung dari lantai I dan lantai II.

Museum Mpu Purwa terletak di Jalan Soekarno Hatta no. 210, Kecamatan Lowokwaru, Malang. Lokasi museum ini masih berada di lingkungan perumahan Griya Shanta, tepatnya di belakang Rumah Sakit Brawijaya.

Peninggalan benda bersejarah di museum ini banyak sekali, mulai dari masa pra sejarah sampai dengan zaman Hindu Budha. Seperti yang kita tahu, Jawa Timur turut menjadi saksi atas kejayaan kerajaan masa lampau, seperti Kanjuruhan, Mataram Kuno, Singasari dan Majapahit.



Halaman Museum Mpu Purwa ini cukup luas, dan dimanfaatkan pula untuk menyimpan beberapa koleksi. Seperti patung Joko Dolog misalnya yang bersanding dengan sebuah Makara dengan motif ikan dan gajah yang menghadap ke pintu gerbang utama. Menurut informasi, Makara ini ditemukan di Dukuh Njoyo, Merjosari, Lowokwaru. Jika Anda melangkahkan kaki masuk ke ruangan balai, maka Prasasti Muncang yang ditemukan di Desa Blandit Wonorejo Singosari akan menyambut. Prasasti yang masih utuh dan tampak indah ini berisi tentang pembebasan Desa Muntjang dari segala pajak kerajaan, karena daerah tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan terhadap “Hyang Brahma” (Gunung Bromo).

Total ada 136 arca yang menjadi koleksi di museum ini. Ada Arca Dewa Siwa, Arca Ganesha, Arca Resi Guru, dan lain-lain. Arca Ganesha Tikus menjadi peninggalan bersejarah yang bisa dibilang paling istimewa di museum ini. Konon yang tersimpan di Museum Mpu Purwa ini merupakan satu-satunya Arca Ganesha di Indonesia dan tidak ada museum lainya.










Kunjungan SMP Bhakti Ke Musem Mpu Purwa Kunjungan SMP Bhakti Ke Musem Mpu Purwa Reviewed by ibudyah on 21.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.